cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
ISSN : 23377895     EISSN : 24610550     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan publishes and disseminates research results in the field of educational administration/management, consisting of: - educational leadership - educational policy and planning - educational economics - educational politics
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2015): September" : 11 Documents clear
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA GURU, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR Anik Hendrawati; Lantip Diat Prasojo
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.161 KB) | DOI: 10.21831/amp.v3i2.6331

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap: (1) pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah (KS) dengan prestasi belajar siswa; (2) pengaruh budaya sekolah dengan prestasi belajar siswa; (3) pengaruh motivasi kerja guru dengan prestasi belajar siswa. Merupakan penelitian survey dengan populasi 512 sekolah dasar dengan sampel 95 sekolah. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian: (1) terdapat pengaruh langsung kepemimpinan transformasional KS dengan prestasi belajar siswa; (2) terdapat pengaruh tidak langsung antara kepemimpinan transformasional KS dengan prestasi belajar siswa melalui motivasi kerja guru; (3) terdapat pengaruh langsung antara budaya sekolah dengan prestasi belajar siswa;  (4) terdapat pengaruh tidak langsung antara budaya sekolah dengan prestasi belajar siswa melalui motivasi kerja guru; (5) terdapat pengaruh langsung antara motivasi kerja guru dengan prestasi belajar siswa. Secara keseluruhan sumbangan kepemimpinan transformasional KS, budaya sekolah, motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 18,91%.
PENGARUH BUDAYA KERJA, KOMITMEN, MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP IKLIM ORGANISASI SD Azzi Machwati; Udik Budi Wibowo
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (754.344 KB) | DOI: 10.21831/amp.v3i2.6333

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh budaya kerja guru, komitmen guru, dan motivasi kerja guru terhadap iklim organisasi sekolah dasar di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah 55 Sekolah Dasar (SD) di Ketanggungan, dan dengan menggunakan tingkat kesalahan 5% diperoleh sampel 48 SD yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Selanjutnya penentuan responden dilakukan dengan teknik stratified random sampling diperoleh 144 guru. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan validitas item yang mendapat pertimbangan ahli dan uji empirik, selanjutnya reliabilitas instrumen dengan teknik Alpha_Cronbach. Uji persyaratan analisis terdiri atas uji normalitas, homogenitas, dan linearitas, dan uji hipotesis dengan teknik regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa iklim organisasi sekolah di sekolah dasar Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes adalah: (1) 6,25% sekolah memiliki iklim organisasi sangat baik; (2) 18,75% sekolah memiliki iklim organisasi yang baik; (3) 33,33% kategori baik; (4) 37,50% kategori kurang baik; dan (5) 4,17% sekolah memiliki kategori tidak baik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh  positif dan signifikan budaya kerja guru, komitmen guru, dan motivasi kerja guru terhadap iklim organisasi sekolah (Adjusted R2=0,418).
PENGARUH KOMUNIKASI, IKLIM ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA Christifora Rahawarin; Suharsimi Arikunto
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.56 KB) | DOI: 10.21831/amp.v3i2.6334

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh komunikasi, iklim organisasi, dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kausal-komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA di Kabupaten Maluku Tenggara  yang berjumlah 276 orang. Jumlah sampel sebanyak 140 guru yang diambil dari 10 sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert sebagai data primer, wawancara dan observasi sebagai data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) komunikasi organisasi memiliki pengaruh terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Maluku Tenggara; (2) Iklim organisasi berpengaruh terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Maluku; (3) gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Maluku Tenggara; (4)komunikasi organisasi, iklim organisasi, dan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara serentak berpengaruh terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Maluku.
HUBUNGAN STRES KERJA DAN TINGKAT PENDAPATAN DENGAN KINERJA GURU SMK SWASTA PROGRAM TEKNIK KENDARAAN RINGAN Joko Narimo; Suwarjo Suwarjo
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.103 KB) | DOI: 10.21831/amp.v3i2.6335

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:  (1) hubungan antara stres kerja dengan kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan Swasta se-Kabupaten Klaten; (2) hubungan antara tingkat pendapatan dengan kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan Swasta se-Kabupaten Klaten; (3) hubungan antara stres kerja dan tingkat pendapatan dengan kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan se-Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar skala dan lembar angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara stres kerja dengan kinerja guru SMK Swasta se-Kabupaten Klaten Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan koefisien korelasi sebesar 0,215; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendapatan dengan kinerja guru SMK Swasta se-Kabupaten Klaten Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan koefisien korelasi sebesar 0,276; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara stres kerja dan tingkat pendapatan dengan kinerja guru SMK Swasta se-Kabupaten Klaten Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan koefisien korelasi sebesar 0,345.
PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR GUGUS III SENTOLO KULON PROGO Karsiyem Karsiyem; Muhammad Nur Wangid
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.312 KB) | DOI: 10.21831/amp.v3i2.6337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi Sekolah Dasar gugus III Sentolo Kulon Progo dan meningkatkan kinerja guru meliputi: (a) unsur-unsur, (b) prinsip dan teknik, (c) tindak lanjut, (d) pendukung dan penghambat, dan (e) upaya mengatasi hambatan supervisi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek penelitian  adalah kepala sekolah dasar di gugus III Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang waktu penelitian, triangulasi data, member cheeking. Data dianalisis dengan model interaktif. Hasil penelitian: menunjukkan bahwa: (a) supervisi akademik meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran; (b) prinsip-prinsip supervisi akademik meliputi: praktis, objektif, humanis, kooperatif, keke-luargaan, demokratis, komprehensif, prinsip berkesimbungan belum dilaksanakan, teknik dalam supervisi invidual dan kelompok; (c) tindak lanjut supervisi belum dilakukan dengan optimal, (d) pendukung supervisi kesediaan guru disupervisi, jadwal, seprofesi, kendala supervisi guru terbebani dan banyaknya kegiatan kepala sekolah; (e) upaya memberikan pemahaman supervisi akademik sebagai kebutuhan guru dan jadwal supervisi efektif.
UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU IPA SMP DI KECAMATAN SLEMAN MELALUI OPTIMALISASI KEGIATAN LESSON STUDY Lilik Mardiningsih; Djukri Djukri
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.691 KB) | DOI: 10.21831/amp.v3i2.6338

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan profesionalisme guru IPA SMP se Kecamatan Sleman, melalui kegiatan lesson study, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif  kualitatif. Subyek penelitian 32 orang siswa kelas VIII dan 10 orang guru IPA SMP se-kecamatan Sleman. Kolaborator adalah guru-guru fisika dari SMP Negeri Kecamatan Sleman. Skenario tindakan meliputi 3 siklus, dengan desain: perencanaan, pelaksanaan tindakan kelas, observasi, refleksi dalam setiap siklus. Metode dan alat pengumpulan data: angket untuk data kuantitatif, observasi dan wawancara untuk data kualitatif, tes prestasi belajar untuk pengukuran hasil. Analisis dan Refleksi dilakukan setiap siklus. Pemaknaan hasil analisis dan kriteria keberhasilan dengan optimalisasi kegiatan lesson study. Hasil penelitian adalah: Kegiatan lesson study dapat meningkatan profesionalisme guru dan berdampak pada peningkatan motivasi belajar siswa. Peningkatan profesionalisme tampak dari peningkatan kompetensi pribadi guru pada siklus 1, ada 15,6% guru masuk kategori baik dan pada siklus 2 ada 3,1% berkategori sangat baik, 43,8% guru berkategori baik. Peningkatan kompetensi profesional guru pada siklus 1, ada 25% guru berkategori baik, pada siklus 2 ada 9,4% sangat baik, 37,2%, baik. Kata kunci: Profesionalisme guru IPA
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMPETENSI GURU SMA Muhammad Junaidi Syakir; Pardjono Pardjono
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.726 KB) | DOI: 10.21831/amp.v3i2.6339

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan budaya organisasi, baik secara bersama-sama atau sendiri-sendiri, terhadap kompetensi guru (variabel terikat) menurut persepsi guru SMA Negeri  kota Yogyakarta. Hasil penelitian berdasarkan analisis regresi linier ganda menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru, dan budaya organisasi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kompetensi guru dengan hasil R(1,2,3) = 0,342; F =4,448; df: 3: 101 = 2,694, sig 0,006 0,05; sehingga F hitung F tabel dan Sig. F 5 %. Namun demikian hasil uji t menunjukkan kepemimpinan kepala sekolah secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru, hasil uji t juga  menunjukkan bahwa motivasi kerja tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru, secara parsial hanya budaya organisasi yang menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru.
EFEKTIVITAS KINERJA MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) EKONOMI SMA DI KABUPATEN BOYOLALI Muhammad Sopiyana; Sugiyono Sugiyono
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.756 KB) | DOI: 10.21831/amp.v3i2.6340

Abstract

Penelitian  ini bertujuan  untuk  menemukan model pembinaan MGMP Ekonomi SMA di Kabupaten Boyolali terkait dengan kinerja dalam pelaksanaan tugas, fungsi MGMP, dan kesesuaiannya dengan rambu-rambu KKG dan MGMP dari Direktorat Jendral Pendidikan. Metode penelitian adalah metode kualitatif. Hasil penelitian: (1) profil MGMP Ekonomi SMA di Kabupaten Boyolali sudah sesuai dengan rambu-rambu KKG dan MGMP dengan pengembangan pada sisi tugas pokok dan fungsi MGMP, (2) kinerja MGMP Ekonomi SMA di Kabupaten Boyolali belum efektif. (3) hambatan MGMP Ekonomi SMA di Kabupaten Boyolali, yakni: pertama, hambatan internal: jadwal rapat sering berubah, keterlambatan anggota dalam mengahdiri rapat. Kedua, hambatan eksternal, berasal dari sekolah anggota MGMP, yakni: perijinan yang sulit bagi anggota oleh kepala sekolah untuk megikuti rapat. (4) model pembinaan yang terdiri dari dua model yaitu pembinaan untuk mengatasi permasalahan di organisasi MGMP Ekonomi SMA di Kabupaten Boyolali provinsi Jawa Tengah, dan pembinaan dari dalam dan dari luar organisasi MGMP Ekonomi SMA di Kabupaten Boyolali, dan pembinaan organisai MGMP di kabupaten Kampar provinsi Riau yang digambarkan dalam flowcart.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KINERJA GURU, KOMITE SEKOLAH TERHADAP KEEFEKTIFAN SDN SE-KECAMATAN MLATI Rahmat Pandoyo; Wuradji Wuradji
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.023 KB) | DOI: 10.21831/amp.v3i2.6341

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja komite sekolah secara parsial maupun bersama-sama terhadap keefektifan sekolah di sekolah dasar negeri se-kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. Populasi penelitian adalah 31 sekolah dasar negeri se-kecamatan Mlati Kabupaten Sleman, yang terdiri dari guru, dengan  responden  sebanyak 151 orang guru. Pemilihan responden menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model Rating Scale. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi sederhana, regresi ganda dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis penelitian  menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap keefektifan sekolah; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel kinerja guru terhadap keefektifan sekolah; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kinerja komite sekolah terhadap keefektifan sekolah; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama variabel kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja komite sekolah terhadap keefektifan sekolah.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI GURU, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI WONOSOBO Titik Handayani; Aliyah A. Rasyid
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.438 KB) | DOI: 10.21831/amp.v3i2.6342

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan budaya organisasi terhadap Kinerha Guru SMA. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMA Negeri di Kabupaten Wonosobo. Ukuran sampel penelitian yang berjumlah 118 guru, dipilih berdasarkan teknik proportional sampling. Penyusunan instrumen dibuat dalam bentuk angket, dengan jawaban berskala 1-4, terdiri atas 54 butir. Butir instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data adalah yang memenuhi syarat analisis konstruk dan berstatus sahih. Reliabilitasnya dihitung dengan teknik alfa cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana dan regresi ganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian membuktikan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap kinerja guru; , (2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru; (3) terdapat pengaruh yang signifikan budaya organisasi terhadap kinerja guru; (4) terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru.

Page 1 of 2 | Total Record : 11